Blog

Berapa Lama Membuat Website Atau Toko Online

Berapa Lama Membuat Website Atau Toko Online



Teknologi informasi yang terus berkembang menjadikan hampir semua hal bisa dilakukan via internet. Mulai dari pembelajaran, pemerintahan, hiburan, bahkan hingga bisnis yang kini merambah dunia online. Trend bisnis online menjadi makin menarik untuk diamati dengan banyaknya pemain baru karena kemudahan dimulainya bisnis online. Tidak butuh modal mahal untuk memulai bisnis online, karena banyak pula pemain yang mengandalkan pola penjualan dropship ataupun reseller. Yang pasti, untuk memulai sebuah bisnis online selalu dimulai dengan pembuatan website atau toko online yang jadi basis utama bisnis tersebut. Agar mendapat website dengan hasil yang menarik, biasanya banyak digunakan jasa pembuatan website dan toko online untuk membuat website yang unik dan berbeda daripada website kompetitor. Namun berapa lama biasanya proses pembuatan website? Hal ini harus dipertimbangkan agar bisnis online anda tidak lama tertunda hanya diproses pembuatan website ini. Lama proses pembuatan website selalu bergantung kepada hal berikut :



Tipe Website



Membuat website berjenis company profile jelas lebih cepat daripada toko online, ini karena website company profile hanya terdiri dari halaman statis yang tidak memerlukan interaksi dari pengunjungnya, hal ini berbanding terbalik dengan toko online dimana pengunjung bisa melakukan pembelian dan pembayaran secara mandiri. Nah jika website anda membutuhkan fitur khusus diluar fitur yang disediakan website company profile dan toko online, maka website anda bisa dikatakan website customize, dan proses pembuatan memerlukan waktu yang lebih lama.



Tampilan Website



Ada dua tipe tampilan yang bisa anda gunakan untuk membuat website, yaitu template dan custom.



Menggunakan template jelas lebih cepat daripada harus membuat keseluruhan tampilan dari awal, atau yang biasa disebut dengan customize. Untuk pembuatan website dengan template, anda akan diberikan pilihan template yang sesuai dengan jenis website yang anda buat, setelah itu jasa pembuatan website akan melakukan setting template tersebut beserta hal lainnya hingga website anda siap menerima pengunjung.



Sementara untuk tampilan custom, anda bisa meminta desain website sesuai keinginan anda, mulai dari warna, layout, font, dan lainnya dan desainer akan membuatkan desain tampilan website sesuai dengan yang anda inginkan. Yang harus diingat, menggunakan template custom bisa membuat waktu pembuatan website jadi 3x lipat daripada menggunakan template. Tapi jika anda ingin website anda seunik mungkin dan berbeda dari yang lain, mengapa tidak?



(Baca juga: Gunakan jasa pembuatan website profesional untuk meraih sukses)



 



Dari penjelasan diatas, anda bisa memperkirakan website tipe apa yang cocok dengan bisnis online yang akan anda jalankan, juga anda bisa sesuaikan waktu start bisnis tersebut dengan memperkirakan lamanya waktu website anda siap. Selamat berbisnis :)