Blog

Bisnis Pembuatan Aplikasi Android Semakin Digemari

Pengguna smartphone hingga akhir 2015 kemarin di Indonesia dikabarkan mencapai angka 52,2 juta pengguna menurut Statista. Hal yang menarik disini adalah karena masih ada lebih dari 200juta penduduk Indonesia yang perlahan akan beralih juga menjadi pengguna smartphone. Apabila ini terjadi maka pasar aplikasi juga semakin bervariatif sehinggga para penyedia jasa pembuatan aplikasi Android juga akan kebanjiran order.


Pada tulisan ini kami tidak akan membahas mengenai tips memilih jasa pembuatan aplikasi melainkan lebih ke model bisnis jasa pembuatan aplikasi yang akan kami bahas. Tapi menarik kita bahas mengenai para developer tanah air. Apakah sudah bisa bersaing dengan developer luar atau belum?


Sebuah penelitian dari ContractIQ yang dikutip dari Techinasia menjabarkan jawaban dari pertanyaan diatas. Sebuah riset mengenai tren developer di tahun 2015 yang melibatkan developer dari seluruh dunia termasuk Indonesia. Beberapa fakta yang tersaji adalah:


1. Android, iOS dan Cross platform masing-masing memperoleh presentasi 26, 25, dan 20 persen.


2. Salah satu fakta yang menarik adalah 50% klien dari para jasa pembuatan aplikasi Android berasal dari individu yang punya ide untuk sebuah aplikasi atau bisa dibilang startup. Dan yang paling membuat bungah para developer adalah 77% perusahaan meyakini bahwa kebutuhan akan aplikasi mobile akan semakin kuat.


3. Para developer yakin bahwa bisnis dalam ranah pembuatan aplikasi ini sangat menjanjikan untuk tahun-tahun berikutnya.


Dengan lebih dari 1 milyar pengguna yang tersebar di seluruh dunia, Android di daulat sebagai sistem operasi yang disukai oleh banyak pengembang. Melihat fakta tersebut maka akan membuat bisnis pembuatan aplikasi Android semakin digemari.


 


Procyon dengan segala keahlian dalam merancang sebuah aplikasi Android menawarkan sebuah jasa pengembangan aplikasi, skill yang dimiliki Procyon siap bersaing dengan para developer lain dalam melahirkan aplikasi yang sesuai dengan kepentingan pelanggan.